fbpx
Reading Time: 10 minutes

Commerce Content is independent of Editorial and Advertising, and if you buy something through our posts, we may get a small share of the sale.

Justice League 2017 memang bisa dibilang cukup mengecewakan, cerita yang tidak jelas dan terkesan memaksakan diri untuk ditayangkan terutama bila saya membandingkan dengan film-film Marvel. Film yang seharusnya menampilkan persatuan para pahlawan untuk menangkal serangan para alien yang berusaha menguasai bumi, berakhir dengan menuai banyak kritikan.

Apa yang saya pikirkan setelah mengetahui ada Justice League versi Zack Snyder cut, dugaan saya, semula cuma ada beberapa adegan yang terpaksa dipotong beberapa menit  tanpa mengubah alur ceritanya dan masih dalam plot yang sama bisa jadi karena keterbatasan waktu untuk bisa ditayangkan di studio film. Namun setelah menontonnya, saya sangat terkejut karena banyak sekali perubahan drastis yang dilakukan oleh Joss whedon, yang tidak saja menghapus bagian terpenting melainkan juga menambah beberapa adegan yang tidak selaras agar bisa memenuhi visinya, tetapi ini hampir merupakan film yang sama sekali berbeda di luar kerangka plot utama dan akhirnya berakibat fatal bagi film tersebut.

Snyder Cut mewakili visi asli dari Zack Snyder untuk Justice Leagues tidak saja sekarang juga rencana berkembang kedepan sebelum dia meninggalkan proyek dan Warner Bros. Berkat banyak permintaan untuk versi filmnya yang seharusnya, maka Snyder menyelesaikan potongannya sesuai dengan visi aslinya, dan sejauh ini terlihat reaksi banyak penonton yang menyatakan keterkejutannya. Betapa sungguh berbedanya Snyder Cut sebenarnya .

Memiliki Durasi Film Dua Kali Lebih Panjang.

Justice league Snyder Cut

Bila Justice League 2017  hanya memiliki durasi dua jam, maka Justice League milik Zack Snyder hadir dengan total durasi 4 jam penuh. Snyder mendapatkan mandat untuk durasi film 2 jam oleh Warner Bros., yang merupakan bagian dari perjuangan yang cukup tinggi dengan menyelesaikan banyak pengeditan film sebelum kepergiannya. Tampaknya, Whedon juga dikenakan persyaratan yang sama karena pemotongan filmnya tepat dua jam.

Bila kemungkinan film Snyder yang dirilis di bioskop pada tahun 2017, hampir tidak mungkin akan berlangsung selama empat jam juga. Sulit bagi studio film menyetujui untuk tayang lebih dari 3 jam, dan kalaupun itu bisa tentunya akan menjadi sebuah perjuangan, Namun dikarenakan ada kampanye untuk segera “Release the Snyder Cut” dan rilis streaming untuk HBO Max,  tentunya Snyder punya pengecualian. Karena memiliki perbandingan yang cukup tinggi dengan waktu proses 4 jam, tidak praktis untuk membuat daftar setiap perubahan kecil atau untuk penambahan adegan, jadi bagian ini akan mencakup perbedaan utama dari warna dan musik dan rasio aspek untuk karakter yang dikembalikan dan alur cerita yang sudah diubah.

Memiliki 6 Bab Dan Epilog.

Justice league Snyder Cut

Dengan durasi waktu 4 jam penayangan dan  terbagi menjadi 6 bab serta epilog, semuanya ditandai dengan layar berwarna hitam dengan kartu judul sebelum berpindah ke bab berikutnya. Setiap bab memiliki tema dan alur yang jelas dalam film, dan kartu bab mampu melakukan pekerjaan yang baik dalam membagi waktu proses 4 jam menjadi sesuatu yang jauh lebih mudah untuk dicerna daripada yang diharapkan banyak orang. Karena Justice League 2017  hanya berdurasi 2 jam dan kekurangan subplot yang harus dirujuk seperti didalam kartu judul,  maka bab dan epilog dikeluarkan dari versi itu.

Mendapatkan Rating R Untuk Menampilkan Kekerasan dan Bahasa.

Zack Snyder memang sudah memiliki reputasi untuk kekerasan berperingkat R di sebagian besar filmnya, dan itu ditampilkan secara penuh di  Justice League Zack Snyder cut , secara umum film ini dianggap sebagai versi film yang lebih baik dari versi 2017 dan juga mengandung R-rating. Film ini memiliki banyak  gaya aksi seperti film 300 yang lengkap dengan semburan darah CGI, dan kata-kata  makian  yang bisa didengar.

Desain Karakter Steppenwolf Dipulihkan.

Salah satu kritik terbesar dari Justice League 2017 adalah penampilan karakter Steppenwolf. Tidak hanya latar belakang kehadiran dan motivasinya yang dipangkas di pengeditan terakhir, tetapi suaranya juga tidak cukup terdengar mengancam, tetapi kritik besar adalah dari desain dan VFX-nya. Penampilan Steppenwolf awalnya terungkap di akhir Film Batman vs  Superman  (hanya dalam potongan sutradara Zack Snyder), tetapi studio mengubah desainnya menjadi lebih mirip manusia dan lebih tampan untuk  Justice League 2017,  dan itu tidak berhasil. Sebagian dari masalahnya adalah kurangnya polesan pada karakter yang membuatnya tampak terasa  palsu, tetapi memang desainnya juga tidak terlalu menakutkan.

Sedangkan Justice League Zack Snyder tentu saja mengubah itu dalam salah satu perbedaan yang paling dipuji secara substansial, yaitu kembali ke Steppenwolf yang tampak lebih asing dan menakutkan dengan baju besi runcingnya. Armor itu hampir seperti karakter tersendiri, terus-menerus bergeser dan menjadi lebih atau kurang tajam, menambah intensitas variabel pada momen Steppenwolf. Suaranya juga lebih termodulasi, membuatnya jauh lebih ganas, sadis memberikan Justice League musuh yang benar-benar mengancam (mirip suara Bane di ~The Dark Knight Rises)

Memulihkan Beberapa Karakter DC yang Hilang.

Justice league Snyder Cut

Semua karakter di di film asli Snyder hadir bukan tanpa alasan namun memang ditulis ulang secara drastis oleh Joss Whedon, sejumlah karakter tidak lolos masuk ke bagian akhir film, dan banyak dari mereka adalah karakter dari komik DC yang akan memainkan peran penting ketika mereka dipulihkan. Justice League milik Zack Snyder, selain beberapa karakter yang ditambahkan. Karakter tersebut meliputi:

  • Darkseid (supervillain)
  • DeSaad (Darkseid’s Elite)
  • Granny Goodness (Darkseid’s Elite)
  • Ryan Choi (Atom)
  • Iris West (calon istri Barry Allen)
  • Vulko (Nudis vulco ~ Atlantean)
  • Martian Manhunter (Hero Baru)
  • Joker (Batman Supervillain)
  • Killowag (Green Lantern Corps)
  • Doomsday (Flashback~ Superman Supervillain)

Pemahaman Karakter Pamungkas Dipulihkan Kembali.

Karena Snyder Cut berdurasi 4 jam, ada lebih banyak waktu untuk bisa pengembangan karakter, dan itu adalah salah satu peningkatan terbesar film ini. Adegan pengantar pertemuan antara Flash dengan Iris West sebagai titik masuk yang bagus ke dalam karakternya, perjalanan Aquaman ke pos terdepan Atlantis mampu membangun lebih banyak cerita latar belakang dan motivasinya, koneksi Wonder Woman ke Amazon menjadi fokus utama dari panah artemis nya, dan Batman mencoba menebus kesalahannya setelah kematian Superman di  Batman vs Superman juga menjadi fokus utama karakternya.

Penerima manfaat terbesar dari pengenalan karakter ini adalah Cyborg, anak dari Silas Stone. Cyborg yang digembar-gemborkan bakal sebagai jantung di film ini bahkan sebelum rilisnya Justice League 2017 . Setiap adegan Cyborg kecuali untuk adegan atap GCPD diambil ulang oleh Whedon, jadi Cyborg benar-benar sebagai cerita yang diubah secara drastis, menjadi inti emosional dari film ini. Akhir pengorbanan dan akhir monolog Silas Stone melalui rekaman suaranya menambah banyak perubahan pada Cyborg dan karakter lainnya, membuat perannya yang dipulihkan menjadi bagian integral  dari Justice League milik Zack Snyder.

Snyder Cut Melakukan Reshoot Pada Tahun 2020.

Untuk menyelesaikan beberapa elemen yang belum sempat diambil oleh Snyder dalam pengambilan gambar utama, ia membawa beberapa aktor untuk pengambilan ulang gambar singkat pada Oktober 2020. Pengambilan ulang mampu menyumbang rekaman 4-5 menit dan termasuk salah satunya adalah adegan Knightmare dalam epilog dengan Batman, Cyborg, Flash, Mera, Deathstroke, dan Joker di mana mereka berada di tepi jalan layang yang terputus dan  memperlihatkan karakter Superman jahat.

Snyder juga merekam momen singkat General Calvin Swanwick yang menunjukkan transformasinya menjadi Martian Manhunter, dan juga menambahkannya ke percakapan singkat dengan Bruce Wayne setelah dia tersentak bangun setelah adegan Knightmare. meskipun beberapa versi serupa dari adegan Bruce wayne diambil selama pengambilan gambar utama yang tujuan semula untuk memperkenalkan Green Lantern malah menjadi Martian Manhunter.

Memanfaatkan Kembali Tayangan dari Man Of  Steel dan Batman Vs Superman.

Justice league Snyder Cut

Snyder Cut memiliki beberapa momen Superman tambahan yang menggunakan kembali rekaman Superman dari  Man of Steel dan  Batman v Superman . Itu hanya momen kecil dan sebagian besar pemirsa kemungkinan besar tidak akan menyadarinya, tetapi selama Cyborg mengalami adegan Knightmare, dia melihat Superman berlutut dan memegang mayat Lois Lane, Darkseid kemudian meletakkan tangannya di bahu Superman, semua adegan berasal dari setelah Superman mampu membunuh Zod di  Man of Steel, hanya tayangan yang dibalik.

Tayangan Kedua berada di akhir Knightmare, adegan diambil  dari  Batman Vs Superman, terlihat Superman turun ke rumah di Nairomi di mana dia menyelamatkan Lois Lane dari panglima perang. Kedua tayangan ulang tadi  hanya menonjol bagi siapa pun yang cukup akrab dengan rekaman asli untuk mengenalnya, tetapi berhubung adanya pembatasan pandemi pada tahun 2020 dan jadwal sibuk Henry Cavill saat syuting The Witcher, dia tidak bisa bergabung untuk pengambilan ulang gambar  Snyder.

Penghapusan Kumis Bang Superman Tidak Ada Di Justice League Zack Snyder.

Berbicara mengenai Henry Cavill dan masalah penjadwalan ulang, ketika Joss Whedon awalnya melakukan pengambilan ulang gambar pada tahun 2017, Henry Cavill sedang melakukan syuting  untuk Mission: Impossible – Fallout dan tidak bisa untuk mencukur kumis yang harus ditumbuhkan untuk bermain sebagai  karakter August Walker. Akibatnya, mereka harus mencabut kumis Henry Cavill secara digital demi  Justice League dan hasilnya jauh dari kata bagus, yang menyebabkan meme bertahun-tahun di internet.

Cavill sendiri tidak memiliki kumis selama pengambilan gambar utama Snyder, jadi masalahnya sepenuhnya merupakan hasil dari pengambilan gambar ulang Whedon dan oleh karena itu wajah Henry Cavill yang masih dicukur bersih tampil untuk semua adegannya di  Justice League milik Zack Snyder.

Keluarga Rusia Tidak Ada Di Justice League Zack Snyder.

Menambahkan cerita keluarga Rusia yang dikepung oleh Parademon di rumah mereka di dekat reaktor nuklir yang sedang diambil alih Steppenwolf di Pozharnov, kemungkinan sebagai adegan tambahan di Justice League 2017 agar tidak terlalu fokus pada para pahlawan dan bisa terlihat lebih muncul sisi kemanusianannya.

Namun adanya Keluarga itu sepenuhnya terasa aneh serta mengganggu dalam versi Whedon, dan sama sekali tidak ada di Snyder Cut.

Justice League Zack Snyder Memiliki Banyak Pemandangan Dunia Atlantis.

Justice league Snyder Cut

Aquaman pergi ke pos terdepan Atlantis di  Justice League 2017, tetapi Snyder Cut menampilkan lebih banyak interaksi, termasuk adegan dengan Vulko membangun latar belakang dan motivasi Aquaman. Adegan ini juga menjelaskan dari mana asal armor dan trisula Aquaman (saya juga sempat merasa aneh karena Aquaman sendiri belum pernah masuk ke Atlantis), karena mereka baru muncul di  Justice League 2017  tanpa penjelasan. Ada juga adegan Steppenwolf menarik tentara Atlantis ke darat untuk diinterogasi mengenai lokasi Mother Boxes.

Sejarah Kemunculan Mother Boxes Jauh Lebih Lama Dan Memperlihatkan Darkseid Daripada Steppenwolf.

Adegan kilas balik Sejarah kemunculan Mother boxes mengikuti plot umum yang sama seperti di  Justice League 2017, tetapi perbedaan utamanya adalah figure yang terlihat adalah Darkseid dan bukan Steppenwolf. Selain itu, ini sedikit lebih lama dan lebih baik diedit, memiliki lebih banyak Green Lantern di dalamnya, dan memiliki pertarungan yang jauh lebih epik (meskipun singkat) antara Darkseid dan Ares, Dewa Perang. Selain itu, dalam versi ini, jelas aliansi Atlantean, Amazon, dan Manusia (menampilkan suku dari berbagai bangsa manusia yang jauh lebih beragam daripada sebelumnya) jauh lebih jelas, secara signifikan mengubah persepsi kita tentang bagaimana perasaan Darkseid tentang ancaman di Bumi bila dia nekat untuk menyerang, dan itu sebabnya mengapa Mother Boxes tetap tidak aktif begitu lama.

Superman Mengenakan kostum Hitam Setelah Bangkit Dari kematiannya.

Zack Snyder selalu ingin Superman mengenakan kostum hitam setelah League membawanya kembali dari kematian, seperti di komik. Sayangnya, Warner Bros. tidak mengizinkannya, jadi sebagai gantinya, Snyder bekerja dengan krunya untuk memproduksi dan mengambil gambar ulang kostum Superman dengan cara yang akan jauh lebih mudah untuk diubah menjadi hitam dan perak dalam pasca produksi jika dia bisa mengubah pikiran WB. Jelas itu tidak muncul untuk studio film, tetapi Snyder Cut memiliki costume hitam dan perak dalam segala kemegahannya.

Pemulihan Adegan Pembukaan Film.

Sama seperti Batman Vs Superman: Dawn of Justice menjelajahi klimaks dari Man of Steel dengan perspektif baru,  Maka Justice League Zack Snyder dibuka dengan kematian Superman di Batman Vs Superman, disini menunjukkan bagaimana reaksi Batman dan Wonder Woman atas pengorbanannya, yang menginspirasi Bruce untuk menyatukan Justice League.

Adegan ini dipotong di  Justice League 2017  dan diganti dengan video ponsel dua anak yang mewawancarai Superman. Bukan hanya ketidakcocokan nada secara total dengan sisa filmnya, tetapi juga blunder mencolok menampilkan penghapusan kumis CGI Henry Cavill, yang tidak bisa disebut sebagai  cara yang keren, untuk pembukaan sebuah film.

Karakter DC Memiliki Akhir Yang Berbeda Dan Ada Pengaturan Sekuel Di Snyder Cut.

Memang banyak potongan sekuel yang di potong atau diubah di Justice League 2017, karena DCEU bergerak ke arah yang berbeda, tetapi semua karakter memiliki akhiran aslinya kembali, yang sebagian besar disiapkan untuk solo yang sudah lama  kemudian dibatalkan Atau dengan beberapa pengecualian.

Batman diperlihatkan adegan mengumpulkan sekelompok penjahat dan mengikat mereka di depan Mesin Perang nya yang tampak seperti tank. Ada juga adegan lain di mana Lex Luthor memberi tahu Deathstroke bahwa Bruce Wayne adalah Batman, yang seharusnya ada sekuel lagi untuk film Batman dengan Ben Affleck yang akhirnya dibatalkan.

Wonder Woman sedang memegang panah Artemis dan memandang ke laut, menyiratkan dia sedang mencari cara untuk kembali ke orang-orangnya di Themyscira, mungkin menyiapkan versi berbeda dari  Wonder Woman 2, meskipun sejak  Wonder Woman 1984  tayang sebagai prekuel, cerita ini belum keluar sama sekali.

Barry Allen mengungkapkan pekerjaan foot in the door” di laboratorium kejahatan kepada ayahnya, menyiapkan sekuel dimana Cyborg akan membantunya untuk membersihkan nama ayahnya. 

Adegan terakhir Aquaman diatur untuk film solonya dimana dia memberi tahu Vulko bahwa dia akan pulang untuk melihat ayahnya. Sementara pengaturannya sendiri cukup bersih, Snyder Cut memang memperkenalkan beberapa kontradiksi kontinuitas kecil dengan Aquaman.

Sementara Cyborg menunjukkan dia menyatukan kembali tape recorder dengan pesan penutup Silas Stone di atasnya, menunjukkan kekuatan teknologinya berkembang, dan pesan keseluruhan dari Silas  adalah untuk merangkul kemampuannya sebagai pahlawan dan tumbuh. Sudah terungkap bahwa rencana utama karakter Cyborg adalah dengan membuatnya menjadi hampir sekuat Dokter Manhattan, jadi ini jelas merupakan langkah ke arah itu.

Akhirnya Superman sendiri kembali mengambil peran Clark Kent bedanya  sekarang dia  mengenakan kostum warna hitam dengan simbol perak.

Ryan Choi atau bakal menjadi salah satu personel Justice League juga mendapatkan momennya tersendiri  di mana dia menjadi kepala nanoteknologi STAR Labs. Snyder sejak itu mengungkapkan bahwa dia mengajukan film Atom dengan aktor Cina ke WB.

Pertarungan Terakhir Snyder Cut Sangat Berbeda.

Justice league Snyder Cut

Rencana untuk menghentikan Steppenwolf  untuk menghancurkan dunia dengan menggunakan Mother Boxes masih sama, namun pertarungan babak ketiga sama sekali berbeda dengan milik  Zack Snyder.

Tidak ada serangan dari akar merah adalah perbedaan yang besar dan jelas, Batman tidak menggunakan suara Sirine untuk mengusir Parademon, disini terlihat para jagoan bersatu saling bahu membahu untuk bisa menerobos masuk kedalam gedung reaktor nuklir.

Flash yang dulu di Justice League 2017 berlarian untuk menyelamatkan warga sipil bersama Superman, tetapi di Snyder Cut, dia sebenarnya membangun kecepatan untuk Memberikan Cyborg sebuah daya agar bisa diproyeksikan kedalam Mother Boxes untuk mencegahnya bersatu.

Disini kita bisa melihat Steppenwolf terpenggal kepalanya oleh wonder Woman sebelum akhirnya melewati Boom Tube dan jatuh kebawah kaki Darkseid dan  tidak dibawa pergi oleh Parademon ke Portal.

Adegan Knightmare.

Justice league Snyder Cut

Niat untuk membunuh Superman yang sebenarnya bermula dari visi Bruce Wayne bahwa dunia akan dikuasai oleh monster dari planet lain. Superman menjadi  salah satu dari Darkseid elit yang akan membantunya untuk menguasai bumi.

Tentu saja, Snyder Cut memulihkan kembali, dimulai dengan penglihatan masa yang akan datang oleh Cyborg di mana Mother Boxes akan menghanguskan Bumi, dia melihat Wonder Woman mati di tumpukan kayu bakar pemakaman, sekilas melihat Darkseid membunuh Aquaman dan Vulko dengan sinar Omega.

Akhirnya Visi terbesar dari semua visi ini adalah Superman, berlutut di Batcave sambil memegang mayat Lois Lane yang terbakar menjadi arang, Darkseid berdiri di sebelahnya dan meletakkan tangannya di bahunya.

Snyder Cut juga memiliki adegan Knightmare tambahan pada akhir film, memperlihatkan Liga Keadilan Knightmare Batman, termasuk Cyborg, Flash, Mera, dan Deathstroke. Adegan tersebut menunjukkan Batman membuat aliansi yang tidak menyenangkan dengan Joker sebelum Superman tiba.

Kesimpulan

Membandingkan film Justice League 2017 dengan versi Snyder cut, jelas memberikan perbedaan yang sangat signifikan, mulai dari cerita, karakter dan kemungkinan terciptanya solo film tampaknya akan gagal.

Dengan adanya versi Snyder cut kita bisa melihat visi ke depan dari DC berkembang layaknya Marvel universe, saya berharap film-film ini masih akan dilanjutkan kedepannya setelah penayangan versi cut ini.

Justice League Snyder cut  benar-benar versi yang berbeda dari Justice League 2017, semacam versi multiple alternative, dengan durasi 4 jam totalnya membuat film ini bikin penasaran dan sayang untuk dilewatkan karena ada  banyak visi yang dibuat untuk perkembangan film selanjutnya terpaksa harus dihilangkan dari visi aslinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.