21/09/2020

Secangkir Kopi sehari Tak Cukup

Secangkir kopi sehari tak pernah cukup

Kopi merupakan minuman yang nikmat akan tetapi bagi teman sekantor melihat kebisaan saya minum kopi pastinya bikin geleng-geleng kepala bagaimana tidak baru sampai di tempat kerja, saya selalu minta dibuatkan secangkir kopi dan 30 menit sebelum pulang juga saya minta dibuatkan lagi.

Alasan saya minum diawal kerja membuat saya selalu bersemangat dan 30 menit sebelum pulang membuat saya tidak ngantuk selama perjalanan pulang tapi alasan saya tersebut dibantah oleh teman-teman karena kebiasaan tersebut tidaklah sehat apalagi di rumah saya juga mengkonsumsi dua cangkir kopi setiap harinya dan setelah dihitung-hitung sudah  empat cangkir kopi setiap harinya.
 
Untuk mencegah saya terlalu over minum kopi pernah dengan sengaja teman-teman menyembunyikan stok kopi yang ada sehingga saya tidak bisa menemukan kopi pada hari itu, kemudian sebagai gantinya saya minum cola, karena saya pikir gula bisa membantu saya tetap bersemangat dengan memberikan energy sekaligus membuktikan saya tidak ketergantungan dengan kopi, yang akan dikira pusing bila tidak meminumnya.
 
Apakah benar aman minum 4 cangkir kopi setiap hari? menurut review dari, which is the most exhaustive of its kind to date, yang di pelopori oleh Ester Myers, seorang spesialis dalam memberikan review penelitian yang systematic di The International Life Science Institue, Myers dan teamnya melihat bagiamana tingkat kafein yang berbeda mempengaruhi orang dalam jangka panjang dan jangka pendek, dengan memberikan perhatian khusus untuk mencari efek kesehatan yang merugikan pada daerah kardiovaskular, muskuloskeletal, reproduksi atau prilaku.
Setelah mendapatkan lebih dari 700 penelitian mengenai keamanan menkonsumsi cafein dalam berbagai tingkat, team ini menemukan banyak bukti yang menyebutkan bahwa 400 milligram cafein atau empat cangkir kopi adalah aman dikonsumsi oleh orang dewasa setiap hari. ukuran tersebut tidak akan menambah sehat maupun merusak badan, bahkan wanita hamil boleh mengkonsumsinya kurang dari 300 milligram atau hanya boleh minum kurang dari 3 cangkir kopi setiap harinya.
Batas mengkonsumsi 400 milligram bukanlah hal baru, karena pada tahun 2003 FDA dan Dewan informasi Pangan International bahkan Smaller Health Canada memberikan review yang sama, tampaknya setelah mendengar banyak rekomedasi tersebut saya merasa aman. hanya bagaimana caranya minum kopi enak tanpa membuat kantong jebol.
 



Lalu, pertanyaannya bagaimana kalau saya minum lebih dari lima cangkir sehari? team dari Myers menemukan bukti ada hubungannya  dengan depresi, dysphoria (gangguan identitas gender)serta kegelisahan dan hipertensi dan peningkatan sperma dan kerusakan DNA pada pria. tapi sebenarnya cangkir kopi yang kelima tidak sepenuhnya tidak aman  selama anda sehat tapi jangan terus menjadi kebiasaan, bila dirasa sudah cukup empat cangkir dan masih ingin minum lagi sebaiknya beralih pada Tea sebagai gantinya.

Leave a Reply

Back to Top