23/09/2020

iOS 9 Publik Beta Ada Yang Kurang

iOS 9 Publik Beta Ada Yang Kurang
Bila kita mencoba sesuatu hal baru artinya kita harus sudah siap untuk perubahan yang akan terjadi, kita bahkan belum tahu baik dan buruknya sebelum mencobanya padahal di dalam pemikiran kita selalu berharap jangan sampai ada masalah.

iOs 9 Public Beta di luncurkan beberapa hari yang lalu, padahal baru juga ada pembaharuan iOS 8.4 yang memperbaiki bug dan juga peluncuran aplikasi fenomenal “Apple musik” yang memberikan Free pakai selama 3 bulan, ketertarikan saya untuk mencoba iOS 9 pun tak tertahankan walau masih dalam tahap beta yang artinya os ini masih belum stabil dan banyak kekurangannya.

iOS 9 memiliki file instalasi yang lebih ringan dibandingkan iOS terdahulu yang mencapai 3gb, sementara iOS 9 beta memiliki file instalasi sebesar 1.6 gb. Setelah selesai di instal tidak terlalu banyak perubahan pada antar muka, malah saya tidak yakin apakah instalasinya sukses. Tapi disaat saya melihat tapilan multitasking (berpindah antar aplikasi dengan cepat) membuat saya yakin kalau sudah menginstalasikan iOS 9 beta.

Tampilan antar muka

iOS 9 memiliki tampilan antar muka yang lebih dinamis di buat simple tapi lebih elegan, bahkan lebih baik dari iOS 8 artinya memang perubahan itu perlu. tampilan yang multitasking dan banyak shortcut membuat akses di ios semakin cepat dan tidak banyak menekan tombol home, berpindah antar aplikasi bisa di bilang nyaman dan cepat belum ada kendala lag atau hang.Aplikasi Akses setiap aplikasi bisa dengan mudah dengan mengeser sisi kanan ke kiri sehingga masih bisa menjalankan aplikasi utama, untuk aplikasi pihak ketiga masih banyak yang mengalami kendala tidak bisa di akses di ios 9 beta ini.

Baterai

Mungkin karena masih tahap beta jadi untuk urusan baterai masih terbilang boros di bandingkan dengan saat saya masih menggunakan ios 8.4 tapi keborosannya cuma beberapa persen tidak sampai dratis menyedot isi baterai.

Wifi dan selular

Bagi saya ini yang penting, karena hampir aktifitas di gadget mengandalkan wifi dan jaringan selular, untuk jaringan selular saya tidak mendapatkan permasalahan yang berati yang artinya tida merasakan ada perubahan penurunan jaringan selama di pakai. sedangkan untuk wifi baru saya merasakan mengalami penurunan jaringan, bahkan biasanya saya bisa mendengarkan stasiun radio online sekarang tidak bisa dikarena jaringan wifi tidak memadai. akan tetapi di jaringan yang lebih kencang juga sedikit mengalami hal yang sama banyak terjadu buffering setiap mendengarkan radio online, sedangkan saat menjalankannya di ios 8.4 berjalan dengan baik.

Beberapa aplikasi mengalami kendala terutama BBM untuk iPad dan LIN,

Masalah yang terjadi :

  • Notifikasi tidak bisa di hapus dari antar muka.
  • Aplikasi LINE tidak bisa menghapus pesan kecuali LINE untuk iPad.
  • Apple musik sering mengalami buffer saat mendengarkan radio ( dengan kualitas wifi yang sama atau memang dari stasiun radionya ).
  • Aplikasi BBM tidak bisa digunakan bahkan setelah di instal ulang tapi anehnya notifikasi masuk bersama pesan .
  • yahoomail tidak bisa di akses.
  • google photo tidak bisa di akses.
  • screen capture juga kadang hilang sendiri.
  • Ipad mendadak restart.

Sampai dengan iOS 9 beta 3 masalah yang sering dialami diatas mulai ada perbaikan sehingga banyak aplikasi yang sudah berjalan normal, tapi untuk aplikasi game masih ada beberapa yang mengalami kendala seperti Anggry Bird yang terbaru tidak bisa du buka setelah diinstal.

Kesimpulan :

iOS 9 beta mungkin bagus untuk dicoba bagi yang mau beresiko seperti pengalaman saya, tapi bagi yang tidak saya sarankan tunggu sampai iOS 9 resmi untuk publik di keluarkan. kita berharap pihak pihak terkait segera memperbaiki masalah tersebut sehingga saat di keluarkan di lagi muncul banyak update. ini mungkin tulisan mengenai uji coba iOS beta terakhir yang saya coba karena dengan aplikasi dan system operasi yang belum stabil banyak memakan waktu untuk perbaikannya.

Leave a Reply

Back to Top