21/09/2020

Apple Musik Review

Apple Musik Review

Semenjak diluncurkannya Apple Musik beberapa waktu yang  lalu tidak henti hentinya saya mencoba semua track musik yang berada di katalog iTunes, bahkan sekarang wajib saya putar di kantor di tempat saya bekerja menggantikan lagu yang bikin mata mengantuk selama ini.

Apple musik memberikan layanan streaming tanpa batas hampir semua lagu yang berada di katalog iTunes, sekarang bisa kita dengarkan tanpa harus membayar lagi lagu tersebut secara individu. Yang biasanya setiap lagu dibandrol dari harga 7000 (contoh) kini bisa kita dapatkan semuanya dengan berlangganan secara paket individu atau paket family. dari harga Rp 69ribu/bulan untuk paket individu dan Rp 109ribu/bulan untuk paket family (maksimal 5 anggota keluarga) cukup menarik kan ?.
Apple musik adalah layanan all in one, streaming musik, stasiun radio secara global dan platform sosial media bagi artis yang memberikan info perkembangan musiknya kepada para fansnya dan Karena masih dalam masa promosi  Apple musik sekarang bisa dinikmati secara gratis selama 3 bulan kedepan.
 
Untuk menikmati layanan streaming dari Apple musik ikuti langkah langkah berikut ini.
  1. Update Gadget Anda ke ios 8.4
  2. Buka aplikasi musik dan tap ” start 3 Month Free trial” .
  3. Pilih cara berlangganan individual atau family .
  4. Apple akan memverifikasi account Anda dan memproses transaksi (jangan khawatir Anda tidak akan terdebet) .
  5. Pada halaman utama ” for you ” akan menampilkan bulatan merah yang harus Anda tap sesuai genre musik yang Anda minati.
  6. selanjutnya akan muncul bulatan yang berisi nama penyanyi yang Anda sukai berdasarkan genre yang Anda tap sebelumnya. Jangan khawatir ada yang terlewatkan karena Anda bisa mengulang proses ini.
  7. Apple musik akan mengelompokkan genre musik dan artis dalam satu playlist berdasarkan musik dan artis yang Anda suka.

Beat Radio1

Apple musik diperkuat oleh Beat 1 yaitu radio global yang memberikan layanan streaming selama 24 jam perhari dan selama seminggu, dengan pemilk barunya yaitu DJ Zane Lowe, Ebro Darden and Julie Adenuga dari Los Angeles, New York City dan London. Mempersembahkan campuran musik yang terbaik dan terbaru dari seluruh penjuru dunia. Bahkan juga ada season interview artis sebagai tamunya seperti Eminem.
Beat 1 di broadcast dari lebih 100 negara dan bisa di nikmati walau tanpa harus mendaftar di iTunes bahkan memiliki kemampuan bisa men-skip lagu yang tidak kita suka saat mendengarkan Beat1.

Apple Music Connect

Ini adalah komponen ketiga yang dimiliki Apple musik setelah Beat1 dan streaming lagu. Apple music connect adalah platform yang tertanam di aplikasi Apple Music yang membolehkan pengguna terhubung dengan artisnya, termasuk sharing, menyukai dan berkomentar di lyric , photo, video dan bahkan lagunya. Apple berharap artis indie bisa mempromosikan lagunya dan bisa lebih dekat dengan para fansnya.
Dari beberapa hari saya sudah autis dengan Apple musi, akhirnya saya menemukan ada beberapa faktor yang perlu menjadi perhatian bila kita menggunakannya jangan sampai kita kaget bahkan khawatir yang berlebihan.
Kelebihan Apple music
  1. Bisa streaming hampir semua lagu yang berada di katalog iTunes bahkan saya bisa mengakses full lagu pada album album yang baru yang bisanya cuma preview seperti di iTunes store.
  2. Selain Beat1 kita bisa juga menambah stasiun lagu yang kita sukai bahkan disana juga disediakan stasiun lagu yang lagi trend atau bahkan pop hits, berdasarkan genre yang kita suka.
  3. Kita bisa menambahkan playlist berdasarkan lagu yang kita dengar lewat Beat1 yang kebetulan kita suka.
Kekurangan Apple music
  1. Harus mematikan icloud music library saat kita menambahkan musik secara manual lewat iTunes di desktop.
  2. Masih bermasalah dengan icloud musik. Beberapa track musik saya hilang saat di update lewat icloud.
  3. Membutuhkan jaringan internet saat mengakses streaming maupun radio.
  4. Saat streaming katalog musik iTunes batre Gadget memang lebih cepat boros dibandingkan kita streaming radio Beat1. 

semoga review ini bisa berguna bagi pembaca blog ini, jangan sungkan untuk memberikan komentar bila ada tulisan yang salah atau mencoba bertanya. 

Leave a Reply

Back to Top